10 Fenomena Langit

Langit, awan, angkasa selalu menghasilkan karya yang indah, baik dari sisi formasi, warna dan bentuk yang artistik. Dibalik keindahan tersebut ada yang menyimpan tanda akan datangnya suatu peristiwa seperti bencana, badai atau cuaca yang ekstrem. Namun kebanyakan dari fenomena ini adalah fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan tertangkap oleh mata manusia.
Fenomena langit yang indah dan menakjubkan.

10. Belt of venus

Belt of Venus (sabuk Venus) adalah fenomena yang terjadi di atmosfer bumi dimana langit terlihat sangat indah dan menakjubkan dengan warna pink kecoklatan dan terlihat ada batas cakrawala dengan bayangan bumi yang terlihat gelap. Sabuk venus dapat terlihat dengan sangat jelas pada saat matahari akan terbit dan tenggelam, dimana keadaan awan tidak berawan dan sangat berdebu.
 Belt of venus, fenomena yang sangat indah dan menakjubkan.

9. Moonbows

Moonbows adalah kemunculan pelangi yang dihasilkan dari cahaya permukaan bulan. Pelangi biasanya muncul setelah hari hujan dan matahari bersinar cerah, maka pada saat itulah muncul pelangi. Cahaya bulan menghasilkan moonbows yang indah dan menakjubkan. Kemunculan moonbows relatif samar dan tidak secerah dan seterang pelangi, seperti yang kita tahu cahaya bulan tidak seterang cahaya matahari. Fenomena moonbows pernah terjadi di air terjun Taman Nasional Yosemite, Amerika.
 Moonbows fenomena yang indah dan menakjubkan dimana cahaya bulan menghasilkan pelangi.

8. Hallo

Halo adalah sebuah fenomena yang terjadi dilangit pada siang hari. Pada saat itu, matahari terlihat dikelilingi lingkaran pelangi yang sangat besar. Banyak yang menyebut matahari bercincin. Secara ilmiah kejadian ini yg terjadi di wilayah atmosfer bumi. Baik pada awan yang menutupi matahari maupun bulan. Hal itu kerap terjadi pada saat habis hujan tapi langit masih berkabut dan matahari memancar. Tidak ada hubungannya dengan kejadian atau tanda akan terjadinya bencana atau misteri apapun. Fenomena halo terjadi di langit Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 2011 pukul 11.30 WIB dan berlangsung sekitar 30 menit.
Hallo,  fenomena matahari bercincin yang sangat indah dan menakjubkan.

7. Sun Dog

Sun Dog adalah fenomena dimana cahaya matahari terlihat seperti memiliki bayangan di kedua sisinya atau sering disebut juga matahari kembar. Fenomena Sun Dog yang indah dan menakjubkan ini adalah ilusi optik yang terjadi di atmosfer. Ketika cahaya matahari menembus kumpulan lempeng-lempeng kristal es hexagonal yang berada dilangit dan tersusun secara horisontal. Sehingga mengakibatkan cahaya matahari tersebut dibelokan sejauh sudut 22 derajat. Sun Dog dapat terlihat jelas pada saat posisi horizon yang rendah atau pada saat matahari terbenam atau terbit, seperti yang terjadi di Fargo, Dakota Utara.
 Sun Dog, disebut juga matahari kembar fenomena yang indah dan menakjubkan.

6. Fire rainbow

Fire rainbow (pelangi api) adalah fenomena yang sangat indah dan menakjubkan dan terjadi di langit. Fire rainbow terjadi di awan cirrus dan biasanya setinggi 20.000 kaki di udara yang mengandung kristal-kristal es pada saat matahari tepat berada pada posisi 58 derajat maka terjadilah Fire raibow. Fire rainbow terjadi pada tahun 2006 di langit Idaho bagian utara atau dekat perbatasan Washington DC.
Fire rainbow,  fenomena yang sangat indah dan menakjubkan yang terjadi di langit.

5. Light pilars

Light pilars (pilar cahaya) adalah hasil ilusi optik yang terjadi di langit. Hampir mirip dengan fatamorgana, fenomena visual ini terjadi pada saat adanya refleksi dari sebuah cahaya (bisa dari cahaya matahari, bulan atau lampu jalanan) yang dipantulkan oleh kristal-kristal es yang hasilnya membentuk cahaya horizontal paralel yang kemudian tertangkap oleh mata manusia. Fenomena pilar cahaya yang indah dan menakjubkan ini kerap terjadi, misalnya pada saat matahari akan terbenam di Tucson (Arizona), pilar cahaya di Danau Lucerne (Wisconsin).
Light pilars, hasil ilusi optik yang indah terjadi di langit, mirip fatamorgana.

4. Supermoon

Supermoon adalah suatu fenomena dimana bulan penuh terlihat lebih besar dari pada biasanya yang baru terjadi pada 19 Maret 2011 lalu. Supermoon menggambarkan dimana keadaan posisi orbit bulan berada paling dekat dengan bumi atau disebut juga dengan perigee (terlihat lebih besar 12 % dari biasanya). Pada saat itu jarak bulan ke bumi berjarak 356,577 km sedangkan pada hari-hari biasa berjarak 384,403 dan ini terjadi dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. Supermoon dapat terlihat jelas di hampir seluruh wilayah Indonesia. Fenomena Supermoon sering dikaitkan dengan akan datangnya bencana, seperti gempa bumi, yang pada tanggal 11 Maret 2011 memang terjadi gempa bumi dasyat berpotensi tsunami di Jepang. Tetapi teori atau issu ini belum dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Supermoon, fenomena yang indah dan menakjubkan dimana bulan penuh terlihat lebih besar.

3. Mammatus cloud

Mammatus cloud adalah suatu fenomena dimana awan dilangit berbentuk seperti balon terbalik, bergelembung-gelembung, bergelombang terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah dan menakjubkan. Mammatus cloud terbentuk dari berbagai macam formasi kristal-kristal es di awan yang terbentang sejauh ratusan kilometer. Biasanya terjadi di awan cumulonimbus, altocumulus, altostratus dan awan cirrus. Ada banyak mekanisme terbentuknya Mammatus cloud ini. Meskipun awan ini sangat indah, namun perlu diwaspadai bahwa Mammatus cloud merupakan pertanda akan datangnya cuaca yang ekstrim atau akan datang badai. Mammatus cloud pernah terjadi di San Antonio, Texas pada tahun 2009.
 Mammatus cloud, fenomena yang indah dan menakjubkan dimana awan berbentuk seperti balon.

2. Lenticular Clouds

Awan lenticular adalah awan yang mempunyai bentuk yang unik, indah, menakjubkan, besar dan ada yang menyangka bahwa itu adalah penampakan UFO. Awan lenticular biasa muncul tempat yang tinggi seperti disekitar pegunungan dan bukit-bukit. Awan lenticular terjadi karena udara yang bergerak secara vertikal, dimana udara lembab mengalir stabil di atas gunung atau bukit kemudian datang gelombang angin berskala besar mengalir ke arah gunung yang kemudian “terjebak” dalam udara lembab tersebut dan membentuk lapisan-lapisan awan besar yang disebut awan lenticular. Berbagai bentuk awan lenticular yang indah dan menakjubkan berhasil diabadikan dengan kamera, salah satu yang terindah terjadi di puncak gunung Fuji di Jepang.
 Lenticular Clouds,  fenomena yang indah dan menakjubkan dimana awan berbentuk seperti penampakan UFO.

1. Aurora

Aurora adalah suatu fenomena yang sangat indah, menakjubkan dan sangat mengagumkan yang terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang terjadi pada malam hari. Meskipun saya belum pernah melihat secara langsung (hanya melalui televisi, gambar dll), namun bisa dibayangkan betapa indahnya aurora tersebut. Aurora adalah suatu fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala, berwarna-warni, dengan bentuk yang sangat indah yang terjadi dilapisan ionosfer dari sebuah planet (dalam hal ini bumi) sebagai akibat adanya interaksi medan magnet planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Di Kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis dan di Kutub Selatan dikenal dengan Aurora Australis. Cahaya aurora kadang berwarna hijau, merah, biru, jingga sehingga terlihat sangat indah dilangit malam.
Aurora, fenomena yang sangat indah dan menakjubkan  terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Source : Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: