Astronom Temukan Galaksi Tertua dan Terjauh 420 Juta Tahun Setelah Big Bang

11/17/2012 09:02:00 AM

Citra galaksi MACS0647-JD. Image credit: NASA, ESA

Ilmu pengetahuan termasuk astronomi akan selalu berkembang, termasuk dari teknologi maupun metode yang digunakan astronom untuk mempelajari dan meneliti alam semesta ini. Tampaknya astronom kembali menemukan galaksi tertua dan terjauh di alam semesta ini. Penemuan ini mengalahkan penemuan galaksi terjauh sebelumnya yaitu galaksi LAEJ095950.99+021219.1 yang terbentuk 800 juta tahun setelah Big Bang. Galaksi tertua yang baru ditemukan itu bernama MACS0647-JD yang terbentuk hanya 420 juta tahun setelah Big Bang. Galaksi itu ditemukan dengan menggunakan dua teleskop terbaik di dunia yaitu teleskop Hubble dan Spitzer. Selain itu astronom menggunakan galaksi masif MACS J0647 7015 sebagai lensa gravitasi untuk memperbesar galaksi yang letaknya jauh dibelakangnya.

Cahaya galaksi ini menempuh perjalanan sejauh 13,3 miliar tahun untuk mencapai Bumi sehingga bisa kita tangkap hari ini. Usia galaksi ini 13,3 miliar tahun dan itu lahir semenjak umur alam semesta baru 3 persen dari umurnya sekarang yaitu 13,7 miliar tahun.

Boleh dibilang galaksi MACS0647-JD merupakan galaksi bayi atau galaksi mini sebab ukurannya sangat kecil yaitu hanya 600 tahun cahaya, berbeda dengan galaksi Bima Sakti yang berukuran 150.000 tahun cahaya. Namun tampaknya rekor galaksi paling jauh ini masih bisa terpecahkan suatu saat nanti seiring dengan berkembangnya teknologi astronomi.

Source : astronomi.us

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: